5 Dampak Anak Sering Main Game Online

main game online
main game online

5 dampak anak sering main game online Bermain game online memang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Terlebih bagi anak-anak yang mana masih sangat menyukai hiburan. Anak memang sangat suka bermain game online, hingga sering kali bisa menghabiskan banyak waktu hanya untuk bermain game saja.

Karena keseringan bermain game inilah yang kemudian bisa membuat anak menjadi kecanduan. Sebenarnya sangat boleh untuk membiarkan anak bermain game online, namun perlu diingat untuk tetap memberikan pengawasan dan pembatasan agar anak tidak bermain game secara berlebihan.

Pada kenyataannya, ada banyak sekali dampak yang bisa saja muncul ketika anak sudah mulai merasa kecanduan bermain game online. Dampak yang dimaksudkan disini bisa berdampak pada kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Tanda seorang anak sudah mulai ketagihan bermain game online adalah merasa gelisah dan akan mudah marah ketika tidak diijinkan untuk bermain game. Dampak anak sering main game online juga akan terlihat dari anak yang mulai susah berhenti bermain game, tidak peduli dengan sekitarnya, hingga muncul gejala penyakit yang cukup serius.

READ  Bernostalgia Dengan Game Online Tahun 2000-an

Berikut ini akan dijelaskan beberapa dampak yang bisa terjadi pada anak ketika sudah ketagihan bermain game online.

Kesehatan Mata Mulai Terganggu

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa bermain game online bisa membuat anak terlalu fokus pada gadgetnya tersebut. Hal ini tentu akan berakibat buruk pda kesehatan mata yang memang tidak akan bisa dirasakan dalam jangka waktu yang pendek.

Adanya gangguan pada mata ini akan terlihat dalam jangka waktu yang panjang. Mulai dari menurunnya fungsi penglihatan, mata menjadi cepat lelah, minus bertambah, hingga kerusakan yang terjadi pada saraf mata anak.

Gangguan Motorik

Dampak anak sering main game online selanjutnya adalah adanya gangguan motorik yang mulai muncul ketika anak sudah sangat bergantung pada bermain game. Gangguan ini akan muncul ketika anak mulai kurang bergerak dan melakukan aktivitas fisik lain yang membuat kemampuan motorik si kecil menjadi menurun dan terganggu.

READ  Game Hewan Peliharaan Virtual Paling Menggemaskan dan Seru

Hal ini tentu membuat tumbuh kembang anak terganggu dan tidak maksimal sehingga bisa mengakibatkan anak terserang penyakit obesitas. Tentunya hal ini akan sangat merugikan bagi anak dan orang tua.

Nyeri Sendi

Ketika sedang asyik bermain game, anak secara tidak sadar akan duduk membungkuk atau bermain sambil tiduran. Posisi ini merupakan salah satu posisi yang tidak sehat untuk dilakukan, terlebih dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dampak anak sering main game online dengan posisi seperti itu tentunya bisa membuat otot terasa kaku, bahkan timbul rasa nyeri pada persendian. Dengan begitu, tubuh menjadi tidak nyaman ketika digunakan untuk menjalankan suatu aktivitas.

Konsentrasi Menurunkan

Kecanduan game online juga bisa membuat konsentrasi anak menjadi berkurang. Ketika anak mulai bermain game, maka secara tidak langsung akan terjadi perubahan pada struktur dendrit sel-sel yang ada di dalam otaknya.

READ  5 Game Kartu Rekomended di HP Android

Hal inilah yang kemudian membuat fungsi otak pada anak menurun, sehingga menyebabkan anak mudah lupa dan gagal fokus. Paparan radiasi dari perangkat elektronik tersebut juga bisa melemahkan tingkat konsentrasi pada anak.

Kurangnya Bersosialisasi

Anak yang sudah kecanduan bermain game online tentu akan lebih memilih bermain di rumah dari pada harus bermain bersama teman-temannya di luar. Hal ini tentu bisa membuat sang anak menjadi canggung bahkan kurang cakap dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Inilah beberapa dampak anak sering main game online yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan begitu, Anda pun sebagai orang tua bisa mencegah hal tersebut sejak dini dan mengajarkan anak untuk tidak bergantung pada game online.

Recommended For You

About the Author: Admin